Senin, 05 November 2012

Rasulullah dan buah Limau

Suatu hari Rasulullah SAW didatangi oleh seorang wanita non Muslim. Ketika itu Rasulullah bersama beberapa orang sahabat. Wanita itu membawa beberapa biji buah limau sebagai hadiah untuk Rasulullah. Cantik sungguh buahnya. Siapa yg melihatnya terlihat pasti tegiur ingin memakannya. Rasulullah menerimanya dengan senyuman gembira. Hadiah itu dimakan oleh Rasulullah Rasulullah SAW satu demi satu dengan senyuman.

Sudah menjadi kebiasaan Rasulullah SAW ketika memakan sesuatu selalu berbagi dg para sahabatnya. namun kali ini tidak. Tidak sebuah pun limau itu diberikan kepada mereka. Rasulullah SAW terus makan. Setiap kali mengunyah dengan senyuman, hinggal habislah semua limau itu. Kemudian wanita itu mohon diri untuk pulang, diiringi ucapan terima kasih dari Rasulullah. Sahabat-sahabat agak heran dengan sikap Rasulullah SAW itu. Lalu mereka bertanya atas apa yg dilakukan Rasulullah.

Dengan senyuman Rasulullah menjelaskan 'Tahukah kamu, sebenarnya buah limau itu terlalu masam ketika saya merasakannya pertama kali. Sekiranya kalian turut makan bersama, saya khawatir ada di antara kalian yang akan akan mengernyitkan dahi  & mata nya atau memarahi wanita tersebut. Saya khawatir hatinya akan tersinggung. Sebab itu saya tidak berbagi, dan saya habiskan semuanya'.

Demikian akhlak Rasullullah SAW.

Rasulullah Muhammad SAW tidak akan pernah meremehkan pemberian seseorang meski pemberian tsb rasanya kurang enak atau benda yang tidak baik, dan dari orang yang berbeda agama pula.

Dari kisah tersebut, Hikmah & Pelajaran apa yg bisa kita ambil ? terutama dalam kehidupan dakwah kita ?


*dari ceramah ustadz

Tidak ada komentar:

Posting Komentar