Jumat, 25 September 2015

Pentingnya ADAB

PENTINGNYA ADAB

Sholat di masjid itu penting tapi adab dalam masjid itu lebih penting

Sholat itu penting namun adab sholat itu lebih penting

Membaca Alquran itu penting namun adab membaca Al quran itu lebih penting

Karena amalan tanpa adab tidak akan ada keberkahannya.

Sebagaimana ada seseorang yang ingin memberikan hadiah yang besar kepada raja namun dengan pakaian yang tidak sopan, dgn tangan kiri.. tentu saja raja akan marah dan menolak hadiah tersebut karena hakikatnya raja tidak perlu pemberian.

Namun sebaliknya walaupun pemberiaan yang kecil namun dengan adab yang baik akan membuat seorang raja senang dan menerima pemberian tersebut walaupun hakikatnya raja tidak perlu dengan pemberian tersebut.

Adab adalah mengagungkan segala sesuatu yang berhubungan dengan agama.

Lahirnya para ulama tidak lepas karena orang tuanya memuliakan Adab.

Muhammaf Al fatih, panglima besar penakluk konstantinopel (istanbul) tidak lepas karena orang tuanya sangat memuliakan adab. Dikisahkan orang tuanya tidak pernah duduk apabila dirumahnya ada alquran (yg tergeletak)

Dalam kitab ihya, Seseorang yang menghormati orang yg cinta dunia lebih daripada orang yg cinta akhirat maka anaknya tidak akan pernah jadi anak sholeh apalagi ulama

Raja Romawi mendapatkan keberkahan karena adab, Ketika dikirim surat oleh Rasul SAW dia menjaga surat dan menyimpannya maka Rasulullah SAW berkata bahwa kerajaan romawi (eropa) tidak akan runtuh.

Sebaliknya Raja persia ketika dikirimi surat oleh Nabi SAW dia menyobek dan membuangnya maka Rasul SAW berkata kerajaan dia akan runtuh. Maka runtuhlah kerajaan persia.

Dengan adab, amal kecil akan bernilai besar dan sebaliknya tanpa adab amal besar bisa tidak bernilai...

Semoga kita bisa menjaga adab2 dalam setiap amal perbuatan kita..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar