โDefinisi (Ta'rif)
โKaifiyat (cara)
Syaikh Sayyid Sabiq Rahimahullah mengatakan:
ููููุชู: ุณุฌูุฏ ุงูุณูู ุณุฌุฏุชุงู ูุณุฌุฏูู
ุง ุงูู
ุตูู ูุจู ุงูุชุณููู
ุฃู ุจุนุฏู
Caranya: sujud sahwi sebanyak dua kali sujud dilakukan oleh orang yang shalat sebelum salam atau sesudahnya. (Fiqhus Sunnah, 1/225)
Hanya saja para ulama berbeda pendapat apakah pada sujud sahwi terdapat tasyahud dan salam atau tidak. Atau tanpa tasyahud tapi dengan salam? Atau dibedakan antara sebelum salam dan sesudahnya? Atau bagaimanakah ..?
ูุงุฎุชูููุง ูู ุงูุชุดูุฏ ูู ุณุฌุฏุชู ุงูุณูู ูุงูุณูุงู
ู
ููู
ุง ููุงูุช ุทุงุฆูุฉ
ูุง ุชุดูุฏ ูููู
ุง ููุง ุชุณููู
ูุฑูู ุฐูู ุนู ุฃูุณ ุจู ู
ุงูู ูุงูุญุณู ุงูุจุตุฑู ูุฑูุงูุฉ ุนู
ุนุทุงุก ููู ููู ุงูุฃูุฒุงุนูุูุงูุดุงูุนู ูุฃู ุงูุณุฌูุฏ ููู ุนูุฏูู
ุง ูุจู ุงูุณูุงู
ููุง ูุฌู
ูุฅุนุงุฏุฉ ุงูุชุดูุฏ ุนูุฏูู
ุง ููุฏ ุฑูู ุนู ุนุทุงุก ุฅู ุดุงุก ุชุดูุฏ ูุณูู
ูุฅู ุดุงุก ูู
ููุนู.
ููุงู ุขุฎุฑูู ูุชุดูุฏ ูููู ุง ูุง ูุณูู ูุงูู ูุฒูุฏ ุจู ูุณูุท ูุฑูุงูุฉ ุนู ุงูุญูู ูุญู ุงุฏ ูุงููุฎุนู ููุชุงุฏุฉ ูุงูุญูู ูุจู ูุงู ู ุงูู ูุฃูุซุฑ ุฃุตุญุงุจู ูุงูููุซ ุจู ุณุนุฏ ูุงูุซูุฑู ูุฃุจู ุญูููุฉ ูุฃุตุญุงุจู. ููุงู ุฃุญู ุฏ ุจู ุญูุจู ุฅู ุณุฌุฏ ูุจู ุงูุณูุงู ูู ูุชุดูุฏ ูุฅู ุณุฌุฏ ุจุนุฏ ุงูุณูุงู ุชุดูุฏ ูุจูุฐุง ูุงู ุฌู ุงุนุฉ ู ู ุฃุตุญุงุจ ู ุงูู ูุฑูู ุฃูุถุง ุนู ู ุงูู.
ููุงู ุงุจู ุณูุฑูู ูุณูู ู ููู ุง ููุง ูุชุดูุฏ ูููู ุง.
ููุงู ุขุฎุฑูู ูุชุดูุฏ ูููู ุง ูุง ูุณูู ูุงูู ูุฒูุฏ ุจู ูุณูุท ูุฑูุงูุฉ ุนู ุงูุญูู ูุญู ุงุฏ ูุงููุฎุนู ููุชุงุฏุฉ ูุงูุญูู ูุจู ูุงู ู ุงูู ูุฃูุซุฑ ุฃุตุญุงุจู ูุงูููุซ ุจู ุณุนุฏ ูุงูุซูุฑู ูุฃุจู ุญูููุฉ ูุฃุตุญุงุจู. ููุงู ุฃุญู ุฏ ุจู ุญูุจู ุฅู ุณุฌุฏ ูุจู ุงูุณูุงู ูู ูุชุดูุฏ ูุฅู ุณุฌุฏ ุจุนุฏ ุงูุณูุงู ุชุดูุฏ ูุจูุฐุง ูุงู ุฌู ุงุนุฉ ู ู ุฃุตุญุงุจ ู ุงูู ูุฑูู ุฃูุถุง ุนู ู ุงูู.
ููุงู ุงุจู ุณูุฑูู ูุณูู ู ููู ุง ููุง ูุชุดูุฏ ูููู ุง.
Mereka berbeda pendapat tentang bertasyahud dan salam pada dua sujud sahwi. Sekelompok ulama mengatakan tidak ada tasyahud dan tidak ada salam, pendapat ini diriwayatkan dari Anas bin Malik, Al Hasan Al Bashri, dan riwayat dari Atha, dan ini merupakan pendapat Al Auzai dan Asy Syafii, karena menurut mereka berdua semua sujud dilakukan sebelum salam, maka tidak ada alasannya mengulangi tasyahud bagi dua sujud itu. Diriwayatkan dari Atha: jika mau silahkan tasyahud dan salam, jika tidak maka jangan lakukan.
Ulama lain berpendapat, tasyahud dilakukan pada dua sujud
itu namun tidak salam, ini pendapat Zaid bin Qasith, dan merupakan
riwayat dari Al Hakam, Hammad, An Nakhai, Qatadah, dan ini pendapat
Malik dan kebanyakan para sahabatnya, Al Laits bin Saad, Ats Tsauri,
Abu Hanifah dan para sahabatnya.
Berkata Ahmad bin Hambal, jika sujudnya sebelum salam maka
tidak ada tasyahud, jika sujudnya sesudah salam maka bertasyahud.
Dengan ini pula pendapat segolongan ulama dari sahabat Malik, dan
diriwayatkan dari Malik pula. Ibnu Sirin mengatakan: salam pada kedua
sujud itu tapi tanpa tasyahud. (Imam Ibnu Abdil Bar, At Tamhid,
10/207-208)
โApa yang dibaca ketika sujud sahwi?
Sebagian fuqaha menyebutkan dalam kitab-kitab mereka bahwa disunahkan bacaan dalam sujud sahwi adalah:
ุณูุจูุญูุงูู ู
ููู ููุง ููุณูููู ููููุง ููููุงู
ู
Subhana man laa yashuu wa laa yanaam โ Maha Suci Yang tidak pernah lupa dan tidak pernah tidur.
Subhana man laa yashuu wa laa yanaam โ Maha Suci Yang tidak pernah lupa dan tidak pernah tidur.
Doa ini berserakan dalam kitab-kitab fiqih induk madzhab Hanafi dan Syafi'i.
Namun bacaan ini tidak shahih dari Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam, tidak ada keterangan yang sah tentang ucapan yang mesti dibaca dalam sujud sahwi.
Syaikh Bakr Abu Zaid Rahimahullah mengomentari bacaan di atas:
ูุง ูุตุญ ุชูููุฏ ูุฐุง ุงูุชุณุจูุญ ูู ุณุฌูุฏ ุงูุณูู.
Tidak benar mengkaitkan tasbih ini pada sujud sahwi. (Muhadzdzab Muโjam Al Manahi Al Lafzhiyah, Hal. 89)
Tidak benar mengkaitkan tasbih ini pada sujud sahwi. (Muhadzdzab Muโjam Al Manahi Al Lafzhiyah, Hal. 89)
Al Hafizh Ibnu Hajar Rahimahullah juga telah menjelaskan:
ูููููููู ุณูู
ูุนูุช ุจูุนูุถู ุงููุฃูุฆูู
ููุฉู ููุญูููู ุฃูููููู
ููุณูุชูุญูุจูู ุฃููู ููููููู ูููููู
ูุง ุณูุจูุญูุงูู ู
ููู ููุง ููููุงู
ู ููููุง
ููุณูููู ุฃููู ููู ุณูุฌูุฏูุชููู ุงูุณูููููู ููููุช ููู
ู ุฃูุฌูุฏู ูููู ุฃูุตูููุง
Ucapannya (Ar Rafiโi): aku mendengar sebagian imam menceritakan bahwa disunahkan membaca pada dua sujud itu: Subhana man laa yanaam wa laa yashuu, yaitu pada dua sujud sahwi. Aku (Imam Ibnu Hajar) berkata: Saya tidak temukan asal usul ucapan ini.โ (Al Hafizh Ibnu Hajar, At Talkhish Al Habir, 2/14. Cet. 1, 1989M-1419H. Darul Kutub Al Ilmiyah)
Ucapannya (Ar Rafiโi): aku mendengar sebagian imam menceritakan bahwa disunahkan membaca pada dua sujud itu: Subhana man laa yanaam wa laa yashuu, yaitu pada dua sujud sahwi. Aku (Imam Ibnu Hajar) berkata: Saya tidak temukan asal usul ucapan ini.โ (Al Hafizh Ibnu Hajar, At Talkhish Al Habir, 2/14. Cet. 1, 1989M-1419H. Darul Kutub Al Ilmiyah)
Oleh karenanya sebagian ulama seperti Imam Ibnu Qudamah- menyebutkan bahwa bacaan sujud sahwi adalah sama dengan sujud biasa. Inilah yang lebih baik menurutnya.
Berkata Syaikh Abu Thayyib Ali Hasan Faraaj:
ูุงูุตูุงุจ: ุฃู ูููู ูู ุณุฌูุฏ ุงูุณูู ู
ุซู ู
ุง ูููู ูู ุณุฌูุฏ ุงูุตูุงุฉ
Yang benar adalah membaca pada sujud sahwi seperti membaca pada sujud shalat. (Tanbih As Saajid, Hal. 10)
Yang benar adalah membaca pada sujud sahwi seperti membaca pada sujud shalat. (Tanbih As Saajid, Hal. 10)
Syaikh Muhammad Shalih Al Munajjid Hafizhahullah mengatakan:
ูุจุนุถ ุงููููุงุก ูุณุชุญุจ ุฃู ูููู ูู ุณุฌูุฏ ุงูุณูู ( ุณุจุญุงู ู
ู ูุง ูุณูู
ููุง ููุงู
) ุ ูููู ูุง ุฏููู ุนููู ุ ูุงูู
ุดุฑูุน ูู ุงูุงูุชุตุงุฑ ุนูู ู
ุง ูุฐูุฑ ูู
ุณุฌูุฏ ุงูุตูุงุฉุ ููุง ูุนุชุงุฏ ุฐูุฑุง ุบูุฑู .
Sebagian fuqaha menganjurkan membaca pada sujud sahwi (subhana man laa yashuu wa laa yanaam), tetapi ini tidak ada dalilnya, maka yang disyariatkan adalah bacaan sebagaimana dibaca dalam sujud shalat, dan tidak ada pembiasaan dzikir selain itu. (Fatawa Islamiyah Suโal wa Jawab, No. 77430)
Syaikh Ibnu โUtsaimin Rahimahullah mengatakan:
ููู ูู ุณุฌูุฏ ุงูุณูู ูู
ุง ูููู ูู ุณุฌูุฏ ุงูุตูุงุฉ ูุนู
ูู
ููู ุงูุฑุณูู
ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
ูู ูููู ุชุนุงูู (ุณุจุญ ุงุณู
ุฑุจู ุงูุฃุนูู) ูุงู (ุงุฌุนูููุง ูู
ุณุฌูุฏูู
) ููู ูููู ูู
ุง ูููู ูู ุณุฌูุฏ ุงูุตูุงุฉ ููุฐูู ูู ุงูุฌูุณุฉ ุจูู ุงูุณุฌุฏุชูู
ูููู ูููุง ูู
ุง ูููู ูู ุงูุฌูุณุฉ ุจูู ุงูุณุฌุฏุชูู ูู ุตูุจ ุงูุตูุงุฉ ููุง ููุจุบู ุฃู
ูููู ุณุจุญุงู ู
ู ูุง ููุณู ุณุจุญุงู ู
ู ูุง ูุณูู ุฃู ุฑุจูุง ูุง ุชุคุงุฎุฐูุง ุฅู ูุณููุง ุฃู
ุฃุฎุทุฃูุง ูุฃู ูุฐุง ูู
ูุฑุฏ ุนู ุงููุจู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
Ucapan pada sujud sahwi adalah sama seperti sujud shalat, karena keumuman sabda Nabi Shallallahu โAlaihi wa Sallam tentang firman Allah Taโala: (sabbihisma rabbikal ala) jadikanlah ia pada sujud kalian. Maka, bacaannya sebagaimana bacaan pada sujud shalat, begitu juga ketika duduk di antara dua sujud, bacaannya adalah sama dengan bacaan duduk di antara dua sujud dalam shalat. Semestinya tidak membaca: subhana man laa yansaa subhana man laa yashuu atau rabbanaa laa tuakhidzna innaa siina aw akhthanaa,karena bacaan ini tidak ada riwayatnya dari Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam. (Syaikh Ibnul Utsaimin, Fatawa Nur Alad Darb, Bab Shalat No. 1531)
โSebab Apakah sujud sahwi terjadi?
Sebab-sebab terjadinya sujud sahwi adalah sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulullah Shallallahu โAlaihi wa Sallam.
Ada ucapan bagus dari Imam Daud Azh Zhahiri:
ูุง ูุณุฌุฏ ุฃุญุฏ ููุณูู ุฅูุง ูู ุงูู
ูุงุถุน ุงูุชู ุณุฌุฏ ูููุง ุฑุณูู ุงููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
Tidak seorang pun sujud sahwi kecuali pada tempat yang Rasulullah Shallallahu โAlaihi wa Sallam sujud padanya. (At Tamhid, 10/207)
1. Memberi salam padahal shalat belum sempurna.
Dalilnya adalah: Dari Ibnu Sirin, dari Abu Hurairah Radhiallahu โAnhu, katanya:
ุตููููู ุจูููุง ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู
ููุณููููู
ู ุฅูุญูุฏูู ุตูููุงุชููู ุงููุนูุดูููู ููุงูู ุงุจููู ุณููุฑูููู ุณูู
ููุงููุง
ุฃูุจูู ููุฑูููุฑูุฉู ูููููููู ููุณููุชู ุฃูููุง ููุงูู ููุตููููู ุจูููุง
ุฑูููุนูุชููููู ุซูู
ูู ุณููููู
ู ููููุงู
ู ุฅูููู ุฎูุดูุจูุฉู ู
ูุนูุฑููุถูุฉู ููู
ุงููู
ูุณูุฌูุฏู ููุงุชููููุฃู ุนูููููููุง ููุฃููููู ุบูุถูุจูุงูู ููููุถูุนู ููุฏููู
ุงููููู
ูููู ุนูููู ุงููููุณูุฑูู ููุดูุจูููู ุจููููู ุฃูุตูุงุจูุนููู ููููุถูุนู
ุฎูุฏูููู ุงููุฃูููู
ููู ุนูููู ุธูููุฑู ููููููู ุงููููุณูุฑูู ููุฎูุฑูุฌูุชู
ุงูุณููุฑูุนูุงูู ู
ููู ุฃูุจูููุงุจู ุงููู
ูุณูุฌูุฏู ููููุงูููุง ููุตูุฑูุชู ุงูุตููููุงุฉู
ููููู ุงููููููู
ู ุฃูุจูู ุจูููุฑู ููุนูู
ูุฑู ููููุงุจูุง ุฃููู ูููููููู
ูุงูู ููููู
ุงููููููู
ู ุฑูุฌููู ููู ููุฏููููู ุทูููู ููููุงูู ูููู ุฐูู ุงููููุฏููููู ููุงูู
ููุง ุฑูุณูููู ุงูููููู ุฃูููุณููุชู ุฃูู
ู ููุตูุฑูุชู ุงูุตููููุงุฉู ููุงูู ููู
ู ุฃูููุณู
ููููู
ู ุชูููุตูุฑู ููููุงูู ุฃูููู
ูุง ููููููู ุฐูู ุงููููุฏููููู ููููุงูููุง
ููุนูู
ู ููุชูููุฏููู
ู ููุตููููู ู
ูุง ุชูุฑููู ุซูู
ูู ุณููููู
ู ุซูู
ูู ููุจููุฑู
ููุณูุฌูุฏู ู
ูุซููู ุณูุฌููุฏููู ุฃููู ุฃูุทููููู ุซูู
ูู ุฑูููุนู ุฑูุฃูุณููู ููููุจููุฑู
ุซูู
ูู ููุจููุฑู ููุณูุฌูุฏู ู
ูุซููู ุณูุฌููุฏููู ุฃููู ุฃูุทููููู ุซูู
ูู ุฑูููุนู
ุฑูุฃูุณููู ููุจุฑ. ูุฑุจู
ุง ุณุฃููู: ุซู
ุณูู
ุ ููููู: ูุจุฆุช ุฃู ุนู
ุฑุงู ุจู ุญุตูู ูุงู: ุซู
ุณูู
.
โRasulullah Shallallahu โAlaihi wa Sallam shalat bersama kami pada suatu shalat siang.โ Demikianlah Abu Hurairah menamakannya tetapi saya telah lupa. Dan Abu Hurairah berkata: Lalu Beliau shalat bersama kami dua rakaat lalu salam. Kemudian Beliau bangun menuju sebuah kayu yang terbentang di masjid dan bersandar padanya seakan dia sedang marah. Lalu Beliau meletakkan tangan kanannya di atas tangan kirinya dan merekatkan jari-jarinya, dan meletakan pipi kanannya pada punggung telapak tangan kirinya. Manusia bergegas keluar melalui pintu masjid dan mengatakan: Shalat diqashar! Pada mereka terdapat Abu Bakar dan Umar. Keduanya segan untuk menanyakan hal itu. Pada mereka ada seseorang bertangan panjang yang dinamakan Dzulyadain, dia bertanya: Wahai Rasulullah, apakah kau lupa atau kau mengqashar shalat? Beliau menjawab: Aku tidak lupa dan tidak juga qashar. Maka nabi bertanya: Apakah benar apa yang dikatakan Dzulyadain? Mereka menjawab Benar. Maka beliau maju dan shalat melanjutkan yang tertinggal, lalu dia takbir dan sujud sebagaimana sujudnya atau lebih panjang, kemudian mengangkat kepalanya dan takbir, kemudian takbir dan sujud sebagaimana sujudnya atau lebih panjang, kemudian dia mengangkat kepalanya lagi dan bertakbir. Barangkali mereka bertanya: Kemudian salam? Dikabarkan kepadaku bahwa Imran bin Hushain berkata: Kemudian salam. (HR. Bukhari No. 482 dan Muslim No. 573)
โRasulullah Shallallahu โAlaihi wa Sallam shalat bersama kami pada suatu shalat siang.โ Demikianlah Abu Hurairah menamakannya tetapi saya telah lupa. Dan Abu Hurairah berkata: Lalu Beliau shalat bersama kami dua rakaat lalu salam. Kemudian Beliau bangun menuju sebuah kayu yang terbentang di masjid dan bersandar padanya seakan dia sedang marah. Lalu Beliau meletakkan tangan kanannya di atas tangan kirinya dan merekatkan jari-jarinya, dan meletakan pipi kanannya pada punggung telapak tangan kirinya. Manusia bergegas keluar melalui pintu masjid dan mengatakan: Shalat diqashar! Pada mereka terdapat Abu Bakar dan Umar. Keduanya segan untuk menanyakan hal itu. Pada mereka ada seseorang bertangan panjang yang dinamakan Dzulyadain, dia bertanya: Wahai Rasulullah, apakah kau lupa atau kau mengqashar shalat? Beliau menjawab: Aku tidak lupa dan tidak juga qashar. Maka nabi bertanya: Apakah benar apa yang dikatakan Dzulyadain? Mereka menjawab Benar. Maka beliau maju dan shalat melanjutkan yang tertinggal, lalu dia takbir dan sujud sebagaimana sujudnya atau lebih panjang, kemudian mengangkat kepalanya dan takbir, kemudian takbir dan sujud sebagaimana sujudnya atau lebih panjang, kemudian dia mengangkat kepalanya lagi dan bertakbir. Barangkali mereka bertanya: Kemudian salam? Dikabarkan kepadaku bahwa Imran bin Hushain berkata: Kemudian salam. (HR. Bukhari No. 482 dan Muslim No. 573)
Imam Muslim memasukkan hadits ini dalam Bab As Sahwi fis Shalah was Sujud Lahu (Bab Lupa Dalam Shalat dan Sujud Karenanya)
Riwayat ini menunjukkan bahwa Nabi Shallallahu Alaihi wa
Sallam sujud sahwi setelah salam, Beliau melakukannya tanpa tasyahud,
tetapi ditutup dengan salam lagi sebagaimana ditegaskan oleh Imran bin
Hushain. Inilah petunjuk yang sangat jelas tentang cara sujud sahwi.
2. Kelebihan jumlah rakaat shalat.
Ini juga menyebabkan seseorang wajib menjalankan sujud sahwi. Dalilnya adalah:
Dari Abdullah bin Masud Radhiallahu Anhu, katanya:
ุฃูููู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู
ู
ุตููููู ุงูุธููููุฑู ุฎูู
ูุณูุง ููููููู ูููู ุฃูุฒููุฏู ููู ุงูุตููููุงุฉู ููููุงูู
ููู
ูุง ุฐูุงูู ููุงูู ุตููููููุชู ุฎูู
ูุณูุง ููุณูุฌูุฏู ุณูุฌูุฏูุชููููู ุจูุนูุฏู ู
ูุง
ุณููููู
ู
โ
Bahwa Rasulullah Shallallahu โAlaihi wa Sallam shalat zhuhur lima rakaat. Lalu ada orang yang berkata kepadanya: Apakah memang rakaat shalat ditambah? Beliau bersabda: Memang kenapa? orang itu menjawab: Engkau shalat lima rakaat. Maka Nabi pun sujud dua kali setelah salam. (HR. Bukhari No. 1168 dan Muslim No. 572)
Bahwa Rasulullah Shallallahu โAlaihi wa Sallam shalat zhuhur lima rakaat. Lalu ada orang yang berkata kepadanya: Apakah memang rakaat shalat ditambah? Beliau bersabda: Memang kenapa? orang itu menjawab: Engkau shalat lima rakaat. Maka Nabi pun sujud dua kali setelah salam. (HR. Bukhari No. 1168 dan Muslim No. 572)
Riwayat ini, menunjukkan sujud sahwi Beliau lakukan
setelah salam. Sujud sahwi setelah salam dilakukan karena kesalahan
tersebut diketahui dan diingat setelah usai shalat (setelah salam).
3. Lupa melakukan tasyahhud awal atau meninggalkan sunah-sunah dalam shalat.
Dalilnya adalah, dari Ibnu Buhainah Radhiallahu โAnhu, katanya:
ุฃูููู ุงููููุจูููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู
ู ุตููููู
ููููุงู
ู ููู ุงูุฑููููุนูุชููููู ููุณูุจููุญููุง ููู
ูุถูู ููููู
ููุง ููุฑูุบู ู
ููู
ุตูููุงุชููู ุณูุฌูุฏู ุณูุฌูุฏูุชููููู ุซูู
ูู ุณููููู
ู
โ
Bahwa Nabi Shallallahu โAlaihi wa Sallam shalat, beliau bangun pada rakaat kedua, maka jamaah mengucapkan โsubhanallahโ maka beliau tetap melanjutkannya, lalu ketika selesai shalat, Belia sujud dua kali lalu salam.โ (HR. An Nasaโi No. 1177, 1178, Ibnu Majah No. 1206, 1207. Dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahih wa Dhaif Sunan An Nasai No. 1177, 1178, dan Shahih wa Dhaif Sunan Ibni Majah No. 1206, 1207)
Bahwa Nabi Shallallahu โAlaihi wa Sallam shalat, beliau bangun pada rakaat kedua, maka jamaah mengucapkan โsubhanallahโ maka beliau tetap melanjutkannya, lalu ketika selesai shalat, Belia sujud dua kali lalu salam.โ (HR. An Nasaโi No. 1177, 1178, Ibnu Majah No. 1206, 1207. Dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahih wa Dhaif Sunan An Nasai No. 1177, 1178, dan Shahih wa Dhaif Sunan Ibni Majah No. 1206, 1207)
Menurut hadits ini jika sudah terlanjur tegak berdiri, maka
imam tidak usah duduk lagi, dia lanjutkan saja tetapi setelah selesai
shalat dia sujud dua kali (sahwi) lalu salam. Tetapi, jika berdirinya
belum sempurna tegaknya, maka boleh baginya untuk duduk lagi untuk
tasyahhud awal, dan akhirnya tanpa melakukan sujud sahwi.
Hal ini ditegaskan dalam riwayat dari Mughirah bin Syuโbah Radhiallahu โAnhu, bahwa Rasulullah Shallallahu โAlaihi wa Sallam bersabda:
ุฅูุฐูุง ููุงู
ู ุฃูุญูุฏูููู
ู ู
ููู ุงูุฑููููุนูุชููููู ููููู
ู
ููุณูุชูุชูู
ูู ููุงุฆูู
ูุง ููููููุฌูููุณู ููุฅูุฐูุง ุงุณูุชูุชูู
ูู ููุงุฆูู
ูุง ููููุง
ููุฌูููุณู ููููุณูุฌูุฏู ุณูุฌูุฏูุชููู ุงูุณูููููู
โJika salah seorang kalian berdiri ketika rakaat kedua
tetapi belum sempurna, maka hendaknya duduk, jika sudah sempurna maka
janganlah duduk. Lalu sujudlah dua kali sebagai sahwi.โ (HR. Abu Daud
No. 949, 950, Ibnu Majah No. 1208. Hadits ini shahih. Lihat Al Misykah
Al Mashabih No. 1020, As Silsilah Ash Shahihah No. 341)
Riwayat ini menunjukkan bahwa sujud sahwi juga bisa dilakukan sebelum salam, yakni ketika kesalahan tersebut diketahui dan diingat masih di dalam shalat.
Hadits-hadits ini juga menunjukkan bahwa meninggalkan sunah-sunah shalat mengharuskan pelakunya untuk sujud sahwi.
Bagi yang meyakini qunut shubuh adalah sunah, tentu mereka meyakini jika meninggalkannya atau salah dalam menempatkannya, maka hendaknya sujud sahwi. Inilah keyakinan masyhur ulama madzhab Asy Syafiโi.
Berkata Imam Asy Syafiโi Radhiallahu โAnhu:
ููุฐูู ูู ุฃุทุงู ุงูููุงู
ูููู ุจู ุงููููุช ูุงู ุนููู ุณุฌูุฏ ุงูุณูู ูุงู
ุงููููุช ุนู
ู ู
ุนุฏูุฏ ู
ู ุนู
ู ุงูุตูุงุฉ ูุฅุฐุง ุนู
ูู ูู ุบูุฑ ู
ูุถุนู ุฃูุฌุจ ุนููู ุงูุณูู.
โ
Oleh karena itu, jika seseorang memperlama berdiri, dengan itu dia meniatkan sebagai qunut, maka wajib baginya sujud sahwi, sebab qunut adalah amalan tertentu di antara amalan shalat lainnya, jika dia melakukannya bukan pada tempatnya, maka wajib baginya sahwi.โ (Imam Asy Syafiโi, Al Umm, 1/136, Darul Fikr)
Oleh karena itu, jika seseorang memperlama berdiri, dengan itu dia meniatkan sebagai qunut, maka wajib baginya sujud sahwi, sebab qunut adalah amalan tertentu di antara amalan shalat lainnya, jika dia melakukannya bukan pada tempatnya, maka wajib baginya sahwi.โ (Imam Asy Syafiโi, Al Umm, 1/136, Darul Fikr)
Maka, bagi yang berkeyakinan sebagaimana madzhab Asy Syafiโi bahwa qunut itu adalah sunah, sedangkan meninggalkan sunah adalah termasuk sebab terjadinya sujud sahwi, maka sangat wajar dia melakukan sujud sahwi itu.
Tetapi, bagi seseorang yang tidak meyakini adanya qunut shubuh, bahkan membidโahkannya, karena dia mengikuti pendapat Imam Ahmad bin Hambal, Imam Abu Hanifah dan lainnya, maka tidak mungkin dia sujud sahwi ketika meninggalkannya, sebab menurutnya qunut shubuh adalah bidโah dan keliru.
4. Ragu-Ragu Dalam Shalat.
Hal ini juga membuat wajib seseorang untuk sujud sahwi. Dalilnya:
Dari Abu Said Al Khudri Radhiallahu โAnhu, bahwa Rasulullah Shallallahu โAlaihi wa Sallam bersabda:
ุฅูุฐูุง ุดูููู ุฃูุญูุฏูููู
ู ููู ุงููููุงุญูุฏูุฉู ููุงูุซููููุชููููู
ููููููุฌูุนูููููู
ูุง ููุงุญูุฏูุฉู ููุฅูุฐูุง ุดูููู ููู ุงูุซููููุชููููู ููุงูุซููููุงุซู
ููููููุฌูุนูููููู
ูุง ุซูููุชููููู ููููุณูุฌูุฏู ููู ุฐููููู ุณูุฌูุฏูุชููููู ููุจููู
ุฃููู ููุณููููู
ู
โ
Jika di antara kalian ragu, apakah rakaat pertama dan kedua, maka jadikanlah itu sebagai rakaat pertama saja. Jika kalian ragu pada rakaat kedua dan ketiga, maka jadikanlah itu sebagai rakaat kedua. Oleh karena itu, sujudlah dua kali sebelum salam.โ (HR. At Tirmidzi No. 396, Ibnu Majah No. 1204. Hadits ini shahih. Shahih wa Dhaif Sunan At Tirmidzi No. 396. Shahih wa Dhaif Sunan Ibni Majah No. 1204)
Jika di antara kalian ragu, apakah rakaat pertama dan kedua, maka jadikanlah itu sebagai rakaat pertama saja. Jika kalian ragu pada rakaat kedua dan ketiga, maka jadikanlah itu sebagai rakaat kedua. Oleh karena itu, sujudlah dua kali sebelum salam.โ (HR. At Tirmidzi No. 396, Ibnu Majah No. 1204. Hadits ini shahih. Shahih wa Dhaif Sunan At Tirmidzi No. 396. Shahih wa Dhaif Sunan Ibni Majah No. 1204)
Dari hadits ini โdan hadits lain yang serupa- Jumhur ulama mengatakan bila seseorang ragu-ragu terhadap jumlah rakaat shalat, maka hendaknya dia meyakinikan rakaat yang lebih sedikit, kemudian dia melakukan sahwi.
Tetapi ada juga ulama yang mengatakan bahwa ragu-ragu dalam shalat, seseorang yang tidak tahu sudah berapa rakaat shalatnya, bukan diselesaikan dengan sahwi, tetapi harus diulang shalatnya. Hal ini diinformasikan oleh Imam At Tirmidzi berikut ini:
ู ูุงู ุจุนุถ ุฃูู ุงูุนูู
ุฅุฐุง ุดู ูู ุตูุงุชู ููู
ูุฏุฑ ูู
ุตูู ูููุนุฏ .
โ
Berkata sebagian ulama: jika seseorang ragu di dalam shalatnya, dia tidak tahu sudah berapa rakaat shalatnya, maka hendaknya dia mengulangi shalatnya.โ (Sunan At Tirmidzi No. 396)
Berkata sebagian ulama: jika seseorang ragu di dalam shalatnya, dia tidak tahu sudah berapa rakaat shalatnya, maka hendaknya dia mengulangi shalatnya.โ (Sunan At Tirmidzi No. 396)
Dan, pendapat jumhur ulama yang menyatakan sujud sahwi adalah pendapat yang lebih kuat dan telah diterangkan dalam berbagai hadits shahih.
Wa akhiru daโwana an alhamdulillahi rabbil โalamin .....Wallahu Aโlam
Tidak ada komentar:
Posting Komentar