Kamis, 17 Januari 2013

antara Da'i dan Air

Air adalah sumber kehidupan. Salah satu sifat alami air adalah mengalir dari tempat tinggi ke tempat yang rendah, karena gaya gravitasi. Air juga dapat meresap ke benda-benda tertentu yang memiliki rongga-rongga.

Sifat inilah yang seharusnya dimiliki seorang da'i. Seperti air yang tak pernah diam menggenang, ketika ada celah sekecil apapun di wadahnya, maka air pun akan mengalir melalui celah itu. Begitu pun seorang da'i, ketika melihat potensi dakwah sekecik apapun, maka ia tidak akan tinggal diam.


Air yang diam dan menggenang, berpotensi besar menjadi sarang penyakit. Disana akan hidup bibit nyamuk, bakteri tumbuh subur, dan air semakin lama semakin keruh. Beda halnya dengan air yang mengalir, ia dapat membersihkan banyak hal, semakin kencang alirannya maka semakin kencang daya kikisnya.


Begitu pula layaknya seorang da'i. Ketika seorang da'i hanya diam, maka potensi keburukan akan tumbuh subur dalam dirinya. Sedangkan jika ia selalu bergerak, maka potensi kebaikan akan selalu mengalir, untuk dirinya dan orang lain.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar