Selasa, 11 Februari 2020

:: Syuro: Menguatkan Hati & Melejitkan 'Amal




فَبِمَا رَحْمَةٍ مِنَ اللَّهِ لِنْتَ لَهُمْ ۖ وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيظَ الْقَلْبِ لَانْفَضُّوا مِنْ حَوْلِكَ ۖ فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاسْتَغْفِرْ لَهُمْ وَشَاوِرْهُمْ فِي الْأَمْرِ ۖ فَإِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِينَ

Maka berkat rahmat Allah engkau (Muhammad) berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya engkau bersikap keras dan berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekitarmu. Karena itu maafkanlah mereka dan mohonkanlah ampunan untuk mereka, dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian, apabila engkau telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah. Sungguh, Allah mencintai orang yang bertawakal.

Surah Aali-Imran, Ayat 159

Al-Imam al-Hafizh Ibnu Katsir menafsirkan ayat tersebut dengan mengangkat ibrah dari syuro yang dilaksanakan Rasulullah صلى الله عليه وسلم menjelang Perang Badar:


ولذلك كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يشاور أصحابه في الأمر إذا حدث تطييبا لقلوبهم ليكون أنشط لهم فيما يفعلونه كما
شاورهم يوم بدر في الذهاب إلى العير.

Dan demikian itulah Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam (terbiasa) menyelenggarakan syuro bersama sahabatnya dalam (berbagai) urusan, guna menguatkan hati mereka (dan) agar mereka bersiap (untuk melejitkan) kerja, sebagaimana syuro di Perang Badar dalam perjalanan mencegat kafilah (Abu Sufyan).


Efek dari syuro tersebut tercermin dalam pernyataan para sahabat:


فقالوا: يا رسول الله لو استعرضت بنا عرض البحر لقطعناه معك
"Wahai Rasulullah, jika kau hendaki atas kami (untuk) menyelami lautan, pasti akan kami belah (lautan itu) bersamamu...



ولو سرت بنا إلى برك الغماد لسرنا معك


... Walaupun (untuk membelah lautan berarti) engkau (mengajak) kami berjalan hingga ke Barkil Ghumad (negeri Habsyah di Benua Afrika), tentu kami berangkat bersamamu...

ولا نقول لك كما قال قوم موسى لموسى اذهب أنت وربك فقاتلا إنا ههنا قاعدون ولكن نقول اذهب فنحن معك وبين يديك وعن يمينك وعن شمالك مقاتلون.

... Kami tidak akan mengatakan sebagaimana kaumnya Musa kepada Musa 'alayhis salam 'Pergilah engkau dan tuhanmu, berperanglah berdua, kami di sini akan menunggu' akan tetapi kami akan berkata 'berangkatlah, maka kami bersamamu, dan denganmu, dan (berjaga) di sebelah kananmu, dan (berjaga) di sebelah kirimu, berperang (bersamamu)."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar