Kamis, 28 September 2017

Nilai Tingkatan Amal disisi Allah



🍋 ... Sesungguhnya, nilai suatu amal itu bertingkat-tingkat di sisi Allah Ta'ala sesuai tingkatan hati pelakunya.

Tingkatan di sini bukan berdasarkan banyaknya amal atau bentuknya, melainkan berdasarkan motivasi, ketulusan, dan sikapnya dalam mengutamakan Allah daripada dirinya sendiri.

Al-Hasan meriwayatkan bahwa ada seorang laki-laki berkata kepada Utsman bin 'Affan ra. "Wahai orang kaya, kalian memborong kebaikan, kalian bersedekah, memerdekakan budak, melaksanakan haji, dan berinfak!"

Mendengar itu, Utsman lalu berkata, "Kalian iri kepada kami, padahal kami iri kepada kalian. Demi Allah, satu dirham yang disedekahkan oleh seseorang dengan susah payah, lebih baik daripada sepuluh ribu dirham yang diambil dari harta yang melimpah."

🍉 ... Apa yang dikatakan Utsman ra. sesuai dengan apa yang disabdakan Rasulullah ﷺ saat Abu Hurairah ra. bertanya, "Wahai Rasulullah, sedekah apa yang paling utama?"

Beliau menjawab, "Sedekah yang dikeluarkan dengan susah payah oleh fakir miskin. Dan mulailah (bersedekah) kepada orang yang menjadi tanggunganmu" ... (HR Abu Dawud)

Dalam Al-Musnad dan Shahih Ibnu Hibban disebutkan pula hadits riwayat Abu Dzar Al-Ghiffari ra. "Aku bertanya kepada Rasulullah ﷺ," ujar Abu Dzar. "Wahai Rasulullah, sedekah apakah yang paling utama?"

Beliau lalu menjawab, "(Sedekah) yang dikeluarkan dengan susah payah oleh orang yang melarat (karena mengharap ridha Allah)."

🍏 ... Ibnul Qayyim Al-Jauziyah, Risâlah Al-Mustarsyidîn.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar