Selasa, 10 Oktober 2017

Perjalanan Hidup

Seorang bapak pergi bersama istri dan anak2nya mengendara mobil.
Setelah bbrp saat dia melihat seseorang berdiri di pinggir jalan.
Si bapak berhenti dan bertanya: siapa anda ?
Orang itu menjawab: saya harta.

Si bapak ngomong ke istri dan anak2nya: harta itu sangat berguna, dimanapun bisa kita manfaatkan. Biarlah dia ikut bersama kita.
Maka harta ikut bersama mereka.

Setelah berjalan beberapa jam si bapak melihat lagi seseorang dipinggir jalan dan dihampirinya.
Bapak: siapa anda?
Orang itu menjawab: saya kekuasaan.

Si bapak ngomong lagi ke istri dan anak2nya: kekuasaan itu sangat berguna dan menjadikan kita perkasa menghadapi siapapun.
Biarlah dia ikut bersama kita.
Maka kekuasaan bergabung bersama mereka.


Setelah berjalan beberapa jam si bapak melihat lagi seseorang dipinggir jalan dan dihampirinya.

Bapak: siapa anda?
Orang itu menjawab: saya agama.

Si bapak ngomong lagi ke istri dan anak2nya:
Kita masih ingin bersenang-senang dalam hidup ini, dan agama akan banyak melarang dan menghalangi kita, kita akan menjadi terikat.
Biarlah kita tinggalkan dia, kapan2 perlu kita bisa datang kesini lagi.
Maka agama ditinggalkan.


Satu jam kemudian si bapak distop orang di tengah jalan.
Si bapak turun dan bertanya siapa anda ?
Orang itu menjawab: saya ajal. Dan perjalanan anda hanya sampai disini. Yang lain boleh lanjut tapi anda hanya sampai disini.

Bapak: saya masih ingin melanjutkan perjalanan, tolong izinkan saya untuk terus.
Ajal: tidak bisa. Anda harus turun. Bawaan anda apa?
Bapak: saya bawa harta dan kekuasaan.
Ajal: itu semua tidak diperlukan. Saya perlu agama.
Bapak: oh agama, iya sejam yang lalu saya tinggalkan dipinggir jalan. Biarlah saya ambil dulu.
Ajal: waktu anda sudah habis. Sekarang anda harus bersama saya, tidak bisa ditunda sedetikpun.
Bapak: 😳😳😳😱😱😱😩😩😩

Semoga ilutrasi ini bisa jadi pelajaran dan bahan renungan utk kita semua.

*اللهم لاتجعل الدنيا أكبر همنا ولا مبلغ علمنا*
Ya Allah janganlah Engkau jadikan dunia penguasa angan2 kami, dan jangan Engkau jadikan dia tujuan akhirku dalam mencari ilmu.

آمين يا رب العالمين

#copasan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar