Minggu, 17 November 2013

Move ON_lah...kalian adalah PEMENANG




Alhamdulillah…. Syukur yang tiada pernah habis dan bosan kita panjatkan. Khususnya ketika semalem (sabtu 16 Nopember 2013), puncak acara move on Sekolah Alam Indonesia (SAI), bisa berjalan dengan hikmat dan lancar. Kondisi cuaca pun mendukung. Hujan yang biasanya turun di waktu siang-sore-malam hari pun, semalam tidak turun diatas langit kampus Ciganjur Sekolah Alam Indonesia. Sepertinya Allah tengah memberikan kesempatan kepada seluruh elemen komunitas SAI untuk menikmati masa-masa terakhirnya di kampus Ciganjur.
Ya Allah…. Ajari kami untuk selalu bisa menyukuri segala nikmat yang Engkau berikan… 



Move On… demikian tema besar acara hijrahnya Sekolah Alam Indonesia ke kampus yang baru.
Meski ada berjuta kenangan yang telah terukir di kampus Ciganjur, namun itu tak bisa menghalangi semangat kita untuk tetap move on, hijrah ke Cipedak. Karena kita tau, bahwa hijrah ini adalah keniscayaan yang mesti kita hadapi.  


Kita boleh saja merasa berat hati dan ga suka dengan kenyataan ini.. bisa jadi apa yang kita suka belum tentu apa yang Allah suka, apa yang kita mau belum tentu apa yang Allah mau…  tapi boleh jadi bahwa ini adalah takdir-NYA yg terbaik buat kita.  Adanya keyakinan yg kuat, bahwa Allah sedang menyiapkan rencana terbaiknya. Selalu ada hikmah dibalik peristiwa.

Entah suatu kebetulan atau bukan, jika kepindahan SAI dari kampus Ciganjur ke Cipedak bertepatan dengan momentum peristiwa hijrah nabi saw. Disadari atau tidak, ada beberapa kesamaan dalam nilai-nilai yang terkandung dalam peristiwa hijrahnya nabi dengan move on nya SAI.


Sesungguhnya hijrahnya Rasulullah Saw dan para sahabatnya ke Yatsrib ---yg kemudian berganti nama menjadi Madinah--- telah membawa perubahan besar bahkan menghentakkan perhatian dunia. Pun demikian dengan hijrahnya SAI ke Cipedak, in_sya Allah.

Ada beberapa pelajaran dari hijrah nabi. Tentang ukhuwah, amal jama’I atau kerja sama,  ta’awun (saling menolong), kesetaraan, dll. Hal yang sama juga kita dapati dalam semangat move on nya SAI.
Diantara pelajaran dari hijrahnya Nabi adalah, kuatnya nilai-nilai ukhuwah dan  semangat saling tolong menolong. Hal ini juga terjadi dan dialami oleh segenap komunitas Sekolah Alam Indonesia.

Masih lekat dalam ingatan kita, disaat kita sibuk menyiapkan rangkaian kegiatan move on, pada saat yang sama ada anggota komunitas yang sedang diberikan ujian musibah oleh Allah. Ada yang sakit, bahkan ada yang berpulang ke rahmatullah. Dalam kondisi demikian, komunitas ini membuktikan bahwa mereka memiliki cinta dan kepedulian yang besar terhadap sesamanya, meski mereka sendiri sedang mengalami kesulitan terkait dengan pengadaan lahan kampus baru. 


Semangat ini sangat mirip dengan semangat para sahabat nabi dari kaum Anshor yg lebih mengutamakan kaum Muhajirin ketimbang diri mereka sendiri, sebagaimana yg Allah abadikan dalam firman-NYA : “…Dan mereka (lebih) mengutamakan (kebutuhan orang2 muhajirin) atas diri mereka sendiri. Sekalipun mereka membutuhkan (apa yg mereka berikan itu)…. “ (Q.S Al Hasyr ayat 9)

Ketika kita memberikan perhatian dan bantuan kepada saudara kita yg sedang (sangat) membutuhkan, disaat kita sendiri sedang mengalami kesulitan, itu artinya kita telah bersikap dan bertindak cerdas, memilih jalan terbaik yang telah Allah sediakan. 
Mari kita baca dan renungkan hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim berikut ini :
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِي اللهُ عَنْهُ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ :  مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُّنْيَا نَفَّسَ اللهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ، وَمَنْ يَسَّرَ عَلَى مُعْسِرٍ يَسَّرَ اللهُ عَلَيْهِ فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ، وَمَنْ سَتَرَ مُسْلِماً سَتَرَهُ اللهُ فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ وَاللهُ فِي عَوْنِ الْعَبْدِ مَا كاَنَ الْعَبْدُ فِي عَوْنِ أَخِيْهِ. وَمَنْ سَلَكَ طَرِيْقاً يَلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْماً سَهَّلَ اللهُ بِهِ طَرِيْقاً إِلَى الْجَنَّةِ،.....
Dari Abu Hurairah radhiallahuanhu, dari Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda : Siapa yang menyelesaikan kesulitan seorang mu’min dari berbagai kesulitan-kesulitan dunia, niscaya Allah akan memudahkan kesulitan-kesulitannya hari kiamat. Dan siapa yang memudahkan orang yang sedang kesulitan niscaya akan Allah mudahkan baginya di dunia dan akhirat dan siapa yang menutupi (aib) seorang muslim Allah akan tutupkan aibnya di dunia dan akhirat. Allah selalu menolong hambanya selama hambanya menolong saudaranya. Siapa yang menempuh jalan untuk mendapatkan ilmu, akan Allah mudahkan baginya jalan ke syurga….
(Riwayat Muslim)

Hadits tersebut mengabarkan sekaligus mengajarkan kepada kita, tentang CARA memperoleh pertolongan Allah, yaitu dengan PEDULI kepada orang lain. Dan janji Allah tsb sudah kita dapatkan buktinya.
Ada sebuah perusahaan yg nyumbang semen 300 zak semen utk membantu pembangunan kampus Cipedak ; ada juga yang nyumbang saung octopussy senilai 400 juta…. Allahu Akbar. Sungguh Janji ALLAH selalu benar.

Selain itu, ada satu bagian dari hadits tsb yang akan terus memotivasi kita.
Siapa yang menempuh jalan untuk mendapatkan ilmu, akan Allah mudahkan baginya jalan ke surga….


Setiap kita pastinya ingin masuk surga. Dan betapa bahagianya ketika Allah membantu kita dengan memberikan kemudahan jalan ke surga.
Kalo orang yg menempuh jalan untuk mendapatkan ilmu saja Allah mudahkan jalan ke surga, bagaimana kiranya dengan orang yang menyiapkan dan menyediakan sarana (jalan) utk menuntut ilmu tersebut ? pastinya itu akan menjadi investasi amal yang luar biasa.
Ya Rabb…. Ajarilah dan bantulah kami utk bisa terus berbagi dan berkontribusi dalam amal-amal kebaikan yang bisa memudahkan kami ke surga-MU….


Momentum hijrahnya Rasulullah saw dari Mekkah ke Madinah merupakan cikal bakal dan tonggak kejayaan Islam di semesta ini. Dan, move on nya SAI dari kampus Ciganjur ke kampus Cipedak pun akan menjadi momentum tonggak pembangunan peradaban yang mulia, in_sya Allah.

Kalo Rasulullah menjadikan Yatsrib sebagai Madinah al Munawwaroh, yaitu kota yg bercahaya atau yg menyinari, maka, di kampus baru nanti, dengan kesungguhan dan semangat kebersamaan seluruh komunitas, Sekolah Alam Indonesia juga akan menjadi sekolah yang bercahaya dan menyinari dunia pendidikan kita, memancarkan cahaya peradaban mulia, In_Sya Allah.

Kita mesti yakin bahwa mimpi besar kita membangun peradaban mulia bersama Sekolah Alam Indonesia akan terus terwujud. Semangat move on yang kita miliki saat ini, adalah semangat utk maju dan menjadi lebih baik, semangat menjadi pemenang dan menjadi generasi yang sukses di dunia ini dan kelak disana.

Fasiiruu ‘alaa barokatillah…. Fainnakum faaizuun…. Demikian pesan nabi.
yang kalo diterjemahkan sesuai tema kita, maka artinya adalah :
Move On_lah (kalian) bersama barokah Allah, sesungguhnya kalian adalah orang-orang yang menang.

Wallahu A’lam.
Cinere, 17 Nop 2013/13 Muharram 1435

Tidak ada komentar:

Posting Komentar